Rabu, 14 Agustus 2013

Manfaat Tidur Siang

Berbahagialah kita yang selama ini sering tidur siang, karena ternyata tidur siang dapat membuat manusia menjadi lebih pintar.

Semakin lama kita terjaga, maka akan semakin sulit bagi otak untuk menyimpan informasi baru. Peneliti menemukan bahwa tidur siang dapat me-refresh memori jangka pendek manusia, serta memperbesar tempat penyimpanan bagi informasi baru.

Dalam sebuah penelitian, 39 mahasiswa dilibatkan sebagai koresponden. Pada siang hari, mereka diminta untuk mempelajari beberapa nama dan wajah. Kemudian mereka pun tidur siang selama beberapa saat. Ketika pengujian dilakukan, terbukti bahwa kelompok mahasiswa yang sempat tidur siang selama 90 menit pada pukul dua siang dapat menyelesaikan tes dengan lebih baik dibandingkan kelompok yang tidak tidur siang.

Namun begitu, ternyata efektivitas tidur siang antara satu orang dengan yang lainnya tidak sama. Neil Kline (board-certified sleep physician), mengatakan bahwa tidur siang akan lebih menguntungkan bagi mereka yang memang kurang tidur pada malam hari, daripada bagi mereka yang sudah memiliki jadwal tidur yang sehat.

Tapi kita juga harus ingat, jangan tidur siang pada waktu yang terlalu dekat dengan tidur malam, karena kebiasaan ini akan mengakibatkan insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Dengan mengetahui manfaat tidur siang, bukan berarti lantas kita memiliki alasan untuk tertidur saat pelajaran. Kalau itu sih, bukannya membuat lebih pintar, tapi justru membuat semakin bodoh, plus disensiin guru!

(fiona)



Sumber: KAWANKU (averina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar